Home » , » Nilai UN terendah yang diterima pada Penerimaan Siswa Baru (PSB) SMPN 10 Denpasar

Nilai UN terendah yang diterima pada Penerimaan Siswa Baru (PSB) SMPN 10 Denpasar

Written By BlogSpenda on Jumat, 09 Mei 2014 | 00.16

Penerimaan siswa baru (PSB) SMP Negeri 10 Denpasar setiap tahun selalu ramai peminat. Tidak dipungkiri, sekolah ini masuk 3 besar sekolah favorit yang ada di Denpasar. Bersama dengan SMPN 1 Denpasar dan SMPN 3 Denpasar, yang pada awalnya adalah RSBI. SMPN 10 Denpasar mampu mensejajarkan diri. Bahkan dalam beberapa hal, bisa mengungguli.

Hal ini tidak terlepas dari masukan ke sekolah ini. Dari tahun ke tahun peminat SMPN 10 Denpasar hampir tidak pernah sepi, bahkan terus merangkak naik. Peminat datang tidak saja dari wilayah Denpasar tapi juga luar Denpasar seperti Badung dan Gianyar. Jika sebelumnnya peminat sekolah ini dominan siswa-siswa yang jarak rumahnya dekat, belakangan ini malah beberapa orang siswa berasal dari wilayah Denpasar yang cukup jauh jaraknya dengan sekolah.

Berikut adalah data PSB SMP Negeri 10 Denpasar dari tahun 2011 - 2013. Nilai yang digunakan adalah nilai UN SD yang meliputi 3 mata pelajaran: matematika, Bahasa Indonesia dan IPA.


Dari grafik di atas terlihat adanya peningkatan nilai UN SD terendah yang diterima di SMPN 10 Denpasar. Peningkatan paling tajam terjadi di tahun 2013 yang lalu. Kenaikannya 0,40 paling tinggi diantara sekolah lainnya.

Bahkan di tahun 2012, dimana nilai UN SD terendah yang diterima SMP Negeri yang lain turun, hanya nilai UN SD di SMP 10 Denpasar yang mengalami kenaikan walau hanya 0,05 poin.


Garfik di atas adalah rata-rata nilai UN SD yang diterima di SMPN 10 Denpasar. Secara sederhana, untuk masuk ke SMPN 10 Denpasar maka rata-rata nilai UN SD adalah 9,5 untuk 3 mata pelajaran pada PSB tahun 2013 yang lalu.

PSB tahun 2014 tentu saja nilainya tidak akan terpaut jauh dengan nilai rata-rata di atas. Tahun ini memang UN SD telah ditiadakan. Tapi digantikan Ujian Sekolah Terkoordinasi (UST) yang diselenggarakan oleh provinsi Bali.

Mata pelajaran UST bertambah jika dibandingkan dengan UN. Jika UN hanya 3 mata pelajaran, maka UST menjadi 5 mata peljaran karena termasuk IPS dan PKN. Sehingga tahun 2014 ini, nilai yang akan digunakan pada PSB adalah nilai UST dengan nilai maksimal 50,00.

Tapi jika dirata-ratakan, bisa jadi kembali ke angka rata-rata tahun 2013 yaitu 9,5. Sehingga jika 5 mata pelajaran, bisa jadi nilai terendah UST untuk dapat diterima di SMPN 10 Denpasar sebesar 47,50.
Namun hal tersebut bukanlah angka baku atau angka mati. Karena sangat dipengaruhi oleh nilai UST secara umum dan jumlah peminat ke sekolah ini nanti.

Yang bisa dilakukan sekarang adalah agar mendapatkan nilai tinggi pada UST yang akan diadakan minggu depan, 12 - 16 Mei 2014
Share this article :

Posting Komentar

 
Supported by : SMP Negeri 10 Denpasar Official
Copyright © 2013. SMP NEGERI 10 DENPASAR UNOFFICIAL BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger